Monday, February 28, 2011

Global Warming & Efek Rumah Kaca

Apakah anda sadar bahwa lama-kelamaan bumi tempat tinggal kita ini terasa semakin panas. Apakah penyebabnya? Penyebabnya cukup nge-Trend, yaitu Global Warming atau dalam bahasa Indonesia berarti  Pemanasan Global. Mengapa bisa terjadi pemanasan global atau global warming dan siapakah pelaku dari semua ini?

Pemanasan Global atau Global Warming artinya proses peningkatan suhu atmosfer, laut, dan segala yang ada di bumi. Sebab-sebab pemanasan global  sudah sangat jelas yaitu akibat gas-gas yang bersifat panas yang kebanyakan disebabkan oleh manusia seperti asap pabrik, asap kendaraan bermotor dll. Penyebab yang lain adalah yang disebabkan oleh manusia itu sendiri adalah penggundulan hutan. Dan aktifitas efek rumah kaca.

Peningkatan suhu bumi juga berakibat buruk bagi bumi diantaranya, yaitu:
  • Ø  Melelehnya es di kutub yang mengakibatkan volume air laut meningkat, bayangkan bila volume air laut terus meningkat dari tahun-ketahun pasti lama-kelamaan pulau-pulau bumi kita ini akan tenggelam .
  • Ø  Akan terjadi banyak cuaca ekstrim, karena perubahan iklim di bumi.
  • Ø  Punahnya berbagai jenis hewan, karena disebabkan oleh sulitnya hewan dalam beradaptasi dengan lingkungan yang baru.
  • Ø  Berpengaruh terhadap hasil pertanian.

Penyebab Pemanasan Global

Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca dapat disebut juga proses penghangatan bumi, karena matahari menghantarkan cahanya yang panas ke bumi, nah sebagian dari panas bumi itu dipantulkan kembali ke luar angkasa dan sebagian yang lain tidak dapat kembali ke luar angkasa, yang disebabkan oleh gas-gas efek rumah kaca yang berada di atmosfer.  Sebenarnya efek rumah kaca ini berguna bagi bumi, sebab jika tidak ada efek rumah kaca maka bumi ini akan menjadi dingin dan akan ditutupi dengan selimut es. Akan tetapi apabila gas-gas efek rumah kaca seperti CO2, SO2, CFC dan yang lainnya berlebihan di atmosfer dan menutup jalan keluarnya pemantulan panas bumi yang datang dari matahari maka bumi akan terasa semakin panas dan dapat menyebabkan Global Warming atau Pemanasan Global.  

Nah apakah kita akan merusak bumi mulai dari sekarang? Terus bagaimana nasib anak cucu kita yang akan hidup di bumi kita ini ? Jadi dari sekarang mulailah kita menyayangi bumi kita ini, untuk masa depan anak cucu kita dan bumi kita.