Friday, February 25, 2011

Perut Terasa Sakit Ketika Berlari ???

Sakit perut mendadak ketika orang berlari pasti sering terjadi, hal ini sering disebut dengan sudukan . Sakit ini terkadang membuat rasa nyeri disekitar perut dan dada.  Sehingga membuat orang yang sedang berlari terpaksa memperlambat larinya atau bahkan menghentikan laju larinya.  Apa yang membuat  hal ini terjadi ???
Yang jelas penyebab utamanya adalah ketidak keseimbangan antara dalam pola makanan atau system pencernaan dan pernafasan.
Dikutip dari Runningtimes, Selasa (27/7/2010) beberapa kondisi bisa memicu timbulnya rasa sakit, yaitu akibat kram perut, tubuh mengalami kekurangan air (dehidrasi) pada saat lari, tidak memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk beristirahat setelah makan, seseorang tidak memiliki stamina yang optimal saat berlari dan seseorang berlari terlalu cepat atau mengeluarkan tenaga yang besar pada saat awal.

Akan tetapi penyebab sudukan ini bermacam-macam, yaitu:

1.       Tubuh kekurangan pasokan oksigen
Para ahli menuturkan kondisi tersebeut terjadi karena pasokan oksigen di dalam tubuh telah berkurang, sehingga sakit perut yang timbul sebagai akibat langsung dari napas yang berat secara intens.

Sakit ini terjadi pada dinding otot perut dan bisa menjalar ke tempat yang lain. Untuk mencegah kondisi ini, maka seseorang harus mengetahui cara mengontrol teknik bernapas.

2.       Kekurangan cairan tubuh
Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari saat tubuh sedang berkeringat. Karenanya untuk menghindari kondisi ini pastikan untuk mengonsumsi air yang cukup.

3.       Terjadinya kram perut
Kondisi kram perut terjadi jika tubuh kurang pemanasan atau berlari saat perut sedang dalam keadaan kenyang. Hindari kondisi ini dengan melakukan pemanasan yang cukup dan tidak berlari setelah mengonsumsi makanan berat.

4.       Adanya masalah pada usus besar atau kandung kemih
Bila organ di dalam tubuh seperti usus besar, kandung kemih atau otot panggul mengalami gangguan, maka hal ini akan berdampak dengan timbulnya rasa sakit di perut.

Maka dari itu hindari berlari terlalu cepat pada saat awal berlari , usahakan pemanasan terlebih dahulu, mengatur nafas dan berhentilah berlari ketika rasa sakit mulai datang.

Sumber:  www.adproindonesia.multiply.com , dengan perubahan seperlunya