Friday, June 24, 2011

Hati Hati dengan Mata Mata Komputer (Spyware)


Pembukaan 

Wah inilah postinagan pada hari yang cerah ini. Semoga Postinganku ini dapat bermanfaat. Pada postinganku yang pertama ini aku akan membahas tentang SPYWARE. Berikut penjelasannya :

Inti Posting

Spyware berasal dari dua kata spy dan ware yang artinya mata-mata dan perangkat. Itu menurut bahasa, menurut istilah spyware artinya perangkat yang diam-diam memata-matai Computer kita atau lebih terkenal dengan istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada salah satu bentuk perangkat lunak mencurigakan . Spyware dapat masuk ke computer kita karena koneksi internet. Nah ketika kita membuka suatu web yang harus memasukkan data kita, bisa saja itu adalah program spyware.  Program spyware ini bisa sangat merugikan bagi pengguna computer yang terserang program ini.
Efek buruk computer yang terserang program spyware, diantaranya :
  • ·         Kerja computer menurun drastic, misalnya computer kita menjadi lambat.
  • ·         Sang Pengguna spyware dapat melihat data-data di computer kita, seperti kode-kode, data-data penting, dan lainnya.
  • ·         Tagihan pembayaran telepon akan melonjak, atau tidak seperti biasa. Jika internet kita menggunakan telepone.
  • ·         Dapat menghilangkan fungsi suatu program.
  • ·         Memperlambat koneksi internet.
Dan masih banyak lagi efek buruk dari spyware tersebut.

Saran Bagi Pembaca

Program spyware ini dapat menyerang computer kita tanpa kita ketahui. Nah karena program spyware ini  dapat menyerang computer kita secara diam-diam. Kita harus bisa mengantisipasi agar program tersebut tidak dapat menyerang computer kita.
Berikut ialah beberapa tips agar computer kita terhindar dari Program yang merugikan ini:

  • Menggnakan browser internet yang memberikan perlindungan otomatis dari spyware, contohnya MOZILLA FIREFOX, dan OPERA. Untuk browser Internet Exploler dan Google Chrome harus diatur terlebih dahulu agar terhindar  dari program spyware.
  • Memasang program anti spyware, seperti Avira, AVG dan antivirus lain yang berfasilitas dapat memberitahu bahwa terdapat program spyware.
  • Berhati-hati dengan web yang harus mengisikan data ataupun yang lainnya. Apabila belum percaya untuk mengikuti suatu program lewat internet lebih baik cari dulu informasi tentang program tersebut.

Nah sekian dulu postinganku kali ini, walaupun postinganku pendek tetepi Semoga Bermanfaat.
Dah dulu ya…Daaaaaaa……