Friday, June 24, 2011

Pengertian Teknologi


Pendahuluan 

Karena Aku suka dengan teknologi, maka aneh jika aku tidak menerangkan tentang apa itu teknologi? Apa fungsinya? Dan lainnya…….

Pengertian Teknologi

Teknologi berasal dari kata Techne dan logi. Techne artinya seni atau keterampilan dan logi artinya ilmu yang mempelajari sesuatu. Jadi menurut bahasa teknologi artinya ilmu yang mempelajari keterampilan atau benda.
Menurut Dictionary of Science, teknologi adalah penerapan pengetahuan teoritis pada masalah-masalah praktis. Sebenarnya masih banyak lagi pengertian tentang teknologi tetapi pada dasarnya maksudnya dari semua pengertian itu sama.

Fungsi Teknologi

Teknologi dari kehidupan manusia tidak akan terpisahkan. Itu karena teknologi memiliki fungsi yang amat penting bagi kehidupan manusia, diantarannya : 

  • Sebagai sarana komunikasi, teknologi di bidang komunikasi berkembang sangat pesat sekarang ini, buktinya kita dapat berkirim pesan lewat SMS yang lebih cepat sampai ke tujuan dari pada kirim surat lewat pos.
  • Sebagai sarana informasi, pada zaman sekarang kita dapat mengetahui berita dari luar negeri dengan cepat. Contohnya kita dapat mengetahui berita gempa di Jepang tidak lebih dari satu jam.  Hal ini karena berkembangnya teknologi di bidang informasi.
  • Teknologi untuk Keamanan, dengan berkembangnya teknologi polisi dapat melihat keadaan di jalan melalui kamera yang di pasang di sudut-sudut jalan.
  • Teknologi untuk membantu pekerjaan manusia.
Perlu diketahui bahwa :

~ Manusia tidak bisa lepas dari teknologi.
~Manusia membutuhkan teknologi.
~Manusia yang membuat teknologi berkembang atau tidak.

Nah, itu pengertian teknologi,
Semoga bermanfaat...