Friday, June 24, 2011

Sejarah Komputer


Apakah anda tahu  siapa yang menciptakan computer pertama kali ? Dan apakah anda tahu bahwa computer pertama yang diciptakan sangat berbeda bentuknya dengan computer yang sering kita gunakan sekarang ini ?

Howard Hathaway Aiken adalah sebagai orang yang pertama kali menciptakan computer. Aiken lahir di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat pada tanggal  9 Maret 1990. Dia pernah mengennyam pendidikan di Universitas Wisconsin, dan akhirnya mendapatkan gelar doctor di Universitas Harvard di tahun 1993. Si Jenius Howard pernah bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat di bagian persenjataan.

Yang menjadi inspirasi bagi Howard untuk membuat computer adalah pekerjaannya sebagai Ankatan Laut di bagian persenjataan. Tugasnya di divisi persenjataan itu membuatnya harus memikirkan dan membua perhitungan yang jitu tentang tembakan meriam, peluncuran roket, atau membuat perhitungan yang lain seperti membangun bangunan.

Pada tahun 1993 Aiken  bersama tiga temannya Durfee, Hamilton, dan Lake , mengerjakan proyek pembuatan mesin hitung elektronik yang dapat menghitung dengan cepat dan tepat tentang penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan  pembagian. Akhirnya proyek itu pun berhasil dilaksanakan, hasilnya pada tahun 1944 tercipta computer pertama yang diberi nama HAVARD MARK I yang akhirnya dapat digunakan oleh angkatan laut Amerika Serikat.

Bentuknya sangat berbeda dengan computer yang biasa kita gunakan sekarang ini. Komputer sekarang lebih kecil akan tetapi kemampuannya jauh lebih komplit dari computer yang pertama kali dibuat. Bayangkan ukurannya saja setinngi 2,4 meter panjang 15,3 meter dan berat 35 ton. Yang lebih rumit lagi membutuhkan kabel sepanjang 800 kilometer dan 3.000.000 buah sambungan.

Cara pengoperasiannya pun jauh berbeda dengan computer sekarang. Perintah dan pertanyaan diyuliskan melalui pita kertas yang berlubang. Jawabannya pun dengan kertas yang berlubang pula. Wah repotnya….


Demikan postinganku kali ini….semoga bermanfaat