Monday, June 11, 2012

Ingin Tumbuh Sehat ? Minum Susu Dulu Dong


Siapa yang mau tumbuh sehat ? dan siapa yang mau tumbuh kuat ?
atau mungkin siapa yang pada masa tuanya ingin tetap sehat dan kuat ?
Nah, jika kalian semua menginginkan hal itu, maka minuman yang satu ini dapat menjadi solusi yang sangat tepat sekali. Benar !!! Minuman itu adalah “susu”. Selain mudah di peroleh dan halal tentunya, susu juga mengandung nilai gizi yang baik untuk tubuh kita. Yaitu berupa : Kalsium, Zat Besi, Lemak, Protein, Karbohidrat, Mineral dan Vitamin yang larut dalam air. Itulah sebabnya susu menjadi penyempurna dalam menu Makanan Sehat , karena susu mempunyai kandungan gizi yang baik dan lengkap untuk tubuh kita.


Bagi usia produktif susu sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka. Dan untuk orang yang sudah lanjut usia susu dapat membantu tulang keropos dan menjaga kekuatan tulang sehingga tubuh terlihat lebih sehat dan kuat.

Nah inilah sedikit ulasan dari Blog saya tentang susu sehingga membuktikan bahwa susu dapat menjadi inovasi yang sehat dan halal untuk pertumbuhan anak.

Sumber Susu

Perlu diketahui bahwa susu tidak hanya berasal dari hewan sapi saja, melainkan ada susu yang berasal dari selain sapi, yaitu :
:
  •          Susu Kambing
    Susu kambing umumnya lebih mudah dicerna daripada susu sapi karena memiliki molekul protein yang berbeda dengan susu sapi. Selain itu susu kambing juga mempunyai kandungan kalsium yang lebih tinggi daripada susu sapi.

  •          Susu Unta
     Hampir sama dengan susu kambing, susu unta juga memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi daripada susu sapi, tidak hanya itu susu unta juga memiliki kandungan lemak yang lebih rendah daripada susu sapi.
  •        Susu Kedelai
    Susu
    yang satu ini dapat menjadi solusi bagi yang alergi dengan Laktosa pada susu hewani, selain itu kandungan protein yang tinggi menjadi unggulan susu yang satu ini.
  •        Susu Kuda
    Susu
    kuda juga memiliki kandungan protein yang mudah dicerna oleh tubuh seperti halnya susu kambing.
  •        Susu Almond
    Susu
    Almond juga dapat menjadi solusi bagi yang alergi dengan susu sapi maupun susu kambing. Namun kandungan kandungan protein yang terdapat pada susu almond jauh lebih sedikit daripada susu sapi dan susu kambing.

Jenis – Jenis Susu

Menurut kandungan lemaknya, susu di bedakan menjadi beberapa tipe, yaitu :

  •         Susu Murni (Whole Milk)
    Susu
    murni memiliki kandungan lemak yang paling banyak, yaitu sekurang – kurangnya mengandung 3,25% lemak susu.

  •          Susu Rendah Lemak ( Low fat Milk)
    Susu
    rendah lemak atau  Low fat Milk memiliki kandungan lemak susu yang lebih sedikit. Kandungan lemak pada susu ini diturunkan hingga menjadi 1% saja.
  •          Susu Bebas Lemak ( Free fat Milk)
    Pada susu yang satu ini kandungan lemak yang terdapat pada susu diturunkan hingga menjadi 0,1% atau paling banyak adalah 0,5%.

Produk Olahan Susu


Pada saat ini banyak sekali produk – produk olahan dari susu, ada yang dengan proses fermentasi, koagulasi atau pengentalan, dan proses – proses lainnya. Produk olahan tersebut diantaranya ; mentega, keju, yoghurt, SKM (Susu Kental Manis), es krim, susu bubuk dan masih banyak yang lainnya. Jadi bagi yang tidak terlalu suka minum susu, bisa dicoba nih varian produk olahan dari susu.

Manfaat Susu

  • Mencegah osteoporosis dan menguatkan tulang. Bagi anak usia produktif susu dapat membantu pertumbuhan tulang sehingga dapat membantu pertumbuhan tinggi anak.
  • Menguatkan gigi, hal ini karena susu mempunyai kandungan kalsium yang tinggi untuk menguatkan gigi. Selain itu susu juga dapat mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang.
  • Menetralisir zat racun berupa logam dan besi yang terdapat dalam makanan yang diserap oleh tubuh.
  •  Membuat kulit lebih cerah dan bersinar.
  •  Mencegah kanker usus.
  • Meningkatkan kinerja otak besar, karena susu memiliki kandungan yodium dan zat besi.
  • Mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
  • Membantu agar lebih cepat tidur. Kandungan susu dapat merangsang hormon melatonin yang dapat membuat kita mengantuk.

Dalil Al – Qur’an tentang minum susu...


 “Dan Sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (Q.S.An-Nahl ayat 66)

Keterangan : Yang dimaksud Al - An'ami  adalah hewan ternak, baik berupa sapi, kambing, maupun unta.
Tidak hanya itu Rasulullah juga bersabda : “Di dalam susu yang segar ini terdapat keuntungan yang baik dan keamanan”. Hadist riwayat Al – Bikhori.

Minumlah Susu dari Sekarang.

Nah, bagaimana sahabat – sahabatku ? itulah ulasan singkat dariku tentang susu dan manfaat susu. Jadi jangan lupa untuk selalu minum susu ya... Kan dah lihat manfaatnya minum susu di tulisanku di atas. Dan kalau sobat alergi minum susu, sobat dapt minum berbagai olahan seperti susu yang tidak kalah lezat, seperti Yoghurt, es krim, keju dan lain – lain.

Ternyata tidak hanya itu juga kan sobat bahkan Al – Qur’an pun menerangkan tentang susu, dan Rasulullah pun menganjurkan kita agar minum susu. Jadi selain menyehatkan susu juga halal dan dianjurkan oleh agama. Jadi benar dan tidak berlebihan jika dikatakan “Susu Inovasi yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak”.