Saturday, June 30, 2012

Inovasi Baru, Pembangkit Litrik Tenaga Sampah

Pertama – tama aku mau tanya sama kalian semua, siapa diantara kalian yang tidak menggunakan energi listrik satu hari saja ? Pasti tidak ada. Yaps, pada zaman yang serba modern seperti ini, hampir semua peralatan menggunakan energi listrik. Bahkan alat yang kalian gunakan untuk mengakses Blog ini pun menggunkan enersi listrik, Betul kan..? Sekarang aku mau memberi sedikit ulasan tentang energi listrik simak ya....

Postinganku kali ini terinspirasi oleh salah satu artikel dari situs VOA Indonesia pada tanggal 22 Juni 2012, artikel tersebut berjudul “Institut Teknologi Surabaya LuncurkanPembangkit Listrik Tenaga Sampah”. Wah, keren tho..? Pembangkit listrik kok dari sampah ? Tapi itu benar – benar ada, sebuah karya anak bangsa yang menjadi kebanggan tersendiri. Jadi artikel pada situs VOA Indonesia diatas menceritakan tentang pembuatan pembangkit listrik tenaga sampah yang diharapkan dapat menangani persoalan sampah dan menjadi energi alternatif kelak.

Nah, dengan begitu ada harapan bagi bangsa Indonesia tercinta ini untuk dapat mengelola sampah menjadi sumber energi alternatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Karena kini sampah dapat menjadi tenaga listrik. Bapak Bambang Sudarmanta, dosen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) atau bisa disebut juga Institut Teknologi Surabaya yang jadi penggagasnya. Idenya berawal ketika melihat banyaknya tumpukan sampah di sekitar kampus ITS. 



Melihat kondisi yang seperti itu, maka munculah ide untuk membuat pembangkit listrik tenaga sampah, agar lingkungan di kampus ITS tetap bersih, dan bebas dari sampah. Guna mewujudkan mimpinya, sehari-hari waktunya dihabiskan  dalam rumah kompos kampus ITS Surabaya.


Sebelum kita berbicara lebih banyak lagi tentang pembangkit listrik tenaga sampah ini, marilah kita cari tahu dulu, apa sih pembangkit listrik (secara umum) ?

Apa sih pembangkit listrik itu ?

Pembangkit listri adalah bagian dari alat industri untuk memproduksi dan membangkitkan tenaga listrik dari berbagai sumber tenaga, seperti dari air menjadi PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), dari nuklir menjadi PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir), dan bahkan bisa juga dari sampah.



Bagian utama dari semua pembangkit listrik adalah generator, yaitu suatu mesin yang  berputar sehingga dapat mengubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip medan magnet atau penghantar listrik.Nah, mesin generator tersebut diaktifkan dengan menggunakan berbagai sumber energi dalam suatu pembangkit listrik. Salah satunya sampah.

Dan apa itu pembangkit listrik tenaga sampah ?

Dari namanya saja sudah jelas bahwa pembangkit listrik yang satu ini bersumber dari sampah. Akan tetapi sampah apa yang digunakan ? Sampah yang digunakan dalam pembangkit listrik ini adalah sampah non organik. Dengan energi sampah non organik yang dibakar ini, pembangkit listrik ini dapat menghasilkan listrik hingga sebesar 2.000 Watt per hari. Lumayan....

Bagaimana Proses Kerjanya ?

Proses kerja pembangkit listrik tenaga sampah ini, adalah dengan membakar sampah dan gas hasil pembakarannya digunakan untuk memanaskan air sampai menguap. Kemudian Uap air tersebut digunakan untuk menggerakkan turbin yang kemudian menghasilkan putaran dan menggerakkan generator pembangkit listrik.

Atau cara lain, adalah dengan metode gasifikasi. Metode ini berbeda dengan metode sebelumnya karena pada metode ini tidak ada pembakaran. Melainkan sampah yang berupa biomassa akan diubah menjadi synthetic gas yang kemudian dimurnikan kembali. Gas yang telah dimurnikan tersebut dapat digunakan untuk bahan bakar mesin diesel dan bensin.

Apa Kata Mereka ?

Budi Rachmad, alumni ITS : “Kami telah melakukan tes dengan beberapa parameter. Dari tes emisi, tidak ada bau yang  menyengat. Dari penampakan, kita tidak menemukan ada debu atau warna kehitaman. Upaya ini tidak mengganggu lingkungan.”

Nur Ali Maulida, penulis Blog : “Alat ini akan menjadi pembangkit listrik masa depan. Maju terus bangsa Indonesia.”

Nah, bagaimana pendapat kalian..? Tulis aja di kotak komentar...he,,he,,he..



Itulah salah satu karya anak bangsa yang patut kita banggakan, selain dapat menciptakan energi alternatif yang berguna untuk masyarakat dan untuk masa mendatang, hal ini juga dapat menjaga kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan sampah yang berada di sekitar kita menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat. Semoga alat tersebut dapat dikembangkan dan menjadi salah satu pembangkit listrik alternatif yang populer di Indonesia bahkan dunia.  

Jadi, aku hanya berpesan pada anda – anda semua termasuk pada diri saya pribadi untuk terus berkarya dan jangan takut gagal, karena semua usaha yang kita lakukan pasti akan menghasilkan sesuatu yang berguna. Seperti yang dilakukan oleh anak – anak dari ITS diatas.


Udah dulu ya,,, postinganku kali ini bermanfaat bagi kalian dan nambah pengetahuan dan semangat kalian.
SALAM INOVASI........ ^_^