Sunday, March 27, 2011

Kopi Antara Positif dan Negatif



Bagi pecinta kopi, kopi adalah minuman yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, dengan alasan minuman ini sebagai pendongkrak energi. Jadi tidak usah heran apabila seorang pecinta kopo dapat meminum lebih dari satu gelas kopi.

Tapi akah mereka tahu apa saja manfaat kopi agi kesehatan? Atau mereka hanya minum kopi karena sudah candu saja? Ternyata eh ternyata jika anda tahu cara meminum kopi yang benar alias tidak berlebihan kopi itu dapat memberi efek positif bagi kesehatan manusia, antara lain :

1.      Melindungi Jantung.
Bagi peminum kopi yang meminum kopi hitam 1-2 kali per hari memiliki resiko terkena stroke lebih rendah daripada yang tidak meminum kopi. Hali ini karena
antioksidan yang terkandung dalam kopi

2.                   2.    Mencegah diabetes.
            Antioksidan yang berada dalam kopi terutama klorogenat dan guinides, berperan untuk                    meningkatkan sel tubuh terhadap insulin yang membantu mengatur gula darah. Faktanya orang yang meminum kopi 2 kali sehari memiliki resiko terkena diabetes lebih rendah, menurut penelitian.

3.                  3. Menjaga Kesehatan Hati.
          Kopi ternyata juga dapat meminimalkan resiko munculnya Sirosis dan penyakit hati lainnya. Satu           analisa dari sembilan penelitian menemukan bahwa kopi dapat menurunkan resiko terkena kanker hati sebanya 43%. Hal ini karena peran antioksidan dan kafein yang terkandung di dalamnya.

4.            4.Meningkatkan Kekuatan Otak.
Minum kopi secara teratur dapat mengurang resiko terkena  demensia dan Alzheimer, sama halnya seperti Parkison. Antioksidan yang di dalam kopi dapat menangkal terjadinya kerusakan dalam sel otak dan membantu jaringan saraf sehingga kerja otak lebih baik.

5.            5.Membantu Menghilangkan sakit kepala.
Penelitian membuktikan bahwa 200 miligram kafein dapat membantu menghilangkan sakit kepala, termasuk migrain. Walaupun begitu tetapi tidak ada penelitian yang membuktikan bagaiman kafein dapat menghilangkan sakit kepala.

Negatif Kopi yang berlebihan.

Namun di balik kenikmatannya kopi juga dapat memberikan efek negatif bagi mereka yang tidak mengetahui cara meminum kopi yang baik. Meminum kopi yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol, dan trigleresida yang dapat membuat darah menjadi lebih pekat.

Selain itu kopi juga akan sangat berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi. Karena kafein dapat meningkatkan tekanan darah sevara tiba-tiba. Bagi ibu hamil, kopi dapat memberikan resiko kematian pada bayi. Wah mengerikan juga ya.........

Dah sekian dulu postinganku kali ini.............
Semoga bermanfaat....