Wednesday, March 2, 2011

About Black and White

Kain hitam dan kain putih basah dijemur maka lebih cepat mana yang kering? Pasti banyak orang yang tahu jawabannya, jawabanya pasti kain  yang berwarna hitam. Dan mengapa memkai pakaian berwarna gelap terasa lebih panas daripada memakai pakaian berwarna terang, Mengapa ??? Pertanyaan ini pun banyak yang bisa menjawab, yaitu karena warna gelap lebih banyak menyerap panas cahaya, sedangkan warna terang lebih banyak mamantulkan panas cahaya. Tapi sedikit orang yang tahu mengapa warna gelap dapat menyerap atau menerima cahaya. Berikut penjelasan  dari saya dengan asas penelitian saya sendiri.

Percobaan & Penelitian

Percobaan ini saya lakukan sendiri di rumah saya. Peralatan yang digunakan untuk percobaan ini pun cukup mudah, yaitu hanya dengan senter. Tempat untuk percobaan pun sangat mudah yaitu hanya dengan 2 buah kamar atau ruang, yang satu gelap dan yang satunya lagi terang. 

Nah, jika peralatan dan tempatnya sudah tersedia mari kita lakukan percobaannya.

  1.       Nyalakan senter.
  2.     Arahkan cahaya senter ke ruang yang gelap. Amatilah.
  3.     Arahkan cahaya senter ke ruang yang terang. Amatilah.
  4.       Perhatikanlah perbedaanya antara cahaya senter yang diarahkan ke ruang gelap dengan senter yang diarahkan ke tempat yang terang.
Amatilah perbedaanya, cahaya senter yang diarahkan kerunag gelap pasti cahaya itu akan tampak di ruangan tersebut atau bisa diartikan ruang gelap menerima cahaya.

Sedangkan cahaya senter yang diarahkan ke tenpat yang terang pasti akan tidak terlihat cahaya itu atau dapat diartikan bahwa ruang terang memantulkan atau tidak menerima banyak cahaya.

Kesimpulan 

Kesimpulannya tempat gelap atau warna yang gelap pasti akan menerima cahaya sedangkan warna terang lebih banyak memantulkan cahaya. Inilah alasan mengapa kain berwarna hitam lebih cepat kering daripada kain yang berwarna putih.

Sekian….Semoga Bermafaat.
Amin